Alasan Mengapa Game Berkonsep Gacha Populer Di Jepang

Dunia Hobby Jepang – Mungkin anda terutama para penyuka game telah mengetahui banyaknya game-game Jepang yang menggunakan sistem gacha dalam konsep permainannya, hal ini cukup terlihat banyak pada game-game berbasis mobile, Jepang memiliki salah satu pasar game mobile terbesar di dunia. Pendapatannya sangat tinggi dari tahun ke tahun. Faktanya pendapatan Jepang dalam sebuah pasar game mobile lebih besar dari pada Amerika terkecuali yang berbasis iOS karena Amerika masih memegangnya, Hal ini memang memiliki alasannya.

Simak Juga : Kenali Tam-Tam Salah Satu Hobbies Shop Terbesar Di Jepang

artforia.comSeperti yang kita sudah diketahui bila RPG adalah sebuah genre game yang paling populer di Jepang sejak tahun 1980an. begitu juga dengan RPG mobile adalah genre yang paling populer di Jepang. Telah tercatat banyak judul RPG populer seperti, Puzzle & Dragons, Monster Strike, Colopl Rune Story, Fate / Grand Order, GRANBLUE FANTASY, dan lainnya yang memang produk asli publisher Jepang, itu terbukti dengan menempati peringkat yang tinggi di AppStore dan GooglePlay. Genre RPG menjadi sebuah genre yang paling diminati disini oleh sebab itu mengapa banyaknya developer game mobile Jepang yang membuat dengan genre ini.

Di sisi lain dalam genre RPG yang ditambahkan fitur PVP atau artinya adalah Player vs Player adalah sebuah hal yang juga banyak disukai oleh masyarakat Jepang dengan memberikan suasana kompetitif yang intense itulah salah satu yang membuat adanya sistem Gacha cukup populer disini, dimana player yang membayar lebih dalam gacha akan mendapatkan kekuatan lebih dan karena adanya sistem Gacha ini membuat para publisher Jepang tidak mempermasalahkan sistem F2P (Free To Play) karena mereka telah mendapat banyak keuntungan dari sistem Gacha.

artforia.comartforia.comSistem RPG mobile Jepang memang memiliki siklus perputaran uang yang hebat yang hebat sehingga membuat banyak publisher game tersebut tetap hidup dan memberikan pelayanan dengan sangat baik, sifat orang Jepang yang juga gemar dalam hal mengoleksi menjadi salah satu alasan kuat juga mengapa game bersistem Gacha di Jepang sangat digemari, terlihat banyak para pemain di Jepang yang rela melakukan gacha berkali-kali hanya untuk mendapatkan 1 item atau character yang belum didapatkannya.

Selain itu para publisher game mobile di Jepang juga sangat pintar dalam urusan kolaborasi dengan anime atau manga, dimana Anime dan Manga memang memiliki daya tarik kuat untuk para pemain melakukan gacha demi mendapatkan tokoh anime atau manga favorit mereka dalam game tersebut. Antusias masyarakat Jepang terhadap sistem undian memang begitu besar dengan terlihat banyaknya mesin-mesin gachapon yang ada pada pusat-pusat perbelanjaan seperti di Akihabara, hal ini membuktikan jika orang Jepang senang membuktikan keberuntungan mereka, bagaimana dengan anda para pembaca Artforia??.