7 Hal Yang Anda Harus Ketahui Sebelum Menggunakan Toilet Jepang

Berita Travel Jepang – Toilet adalah salah satu fasilitas yang sangat sering digunakan oleh setiap orang, meskipun terlihat sepele untuk mengenal sebuah toilet tetapi ketahuilah sebagian besar wisatawan luar yang berlibur ke Jepang cukup kaget dengan toilet atau kamar mandi yang ada di Jepang, bukan karena kotor atau menyeramkan tetapi karena alat dan etika dalam menggunakannya. Oleh karena itu Artforia akan berbagi informasi mengenai toilet Jepang agar anda tidak kaget bila menggunakan toilet di negeri sakura ini.

Simak Juga : Jepang Ciptakan Bus Khusus Pengantar Orang Mabuk

7 Hal Yang Anda Harus Ketahui Sebelum Menggunakan Toilet JepangSalah satu tantangan bepergian atau tinggal di Jepang adalah etika dan tata krama yang kompleks di negara itu. Bahkan menggunakan sebuah toilet juga harus memahami caranya, berikut dibawah ini terdapat 7 hal yang harus anda ketahui sebelum menggunakan toilet di Jepang.

1. Sendal Toilet
Jepang memiliki budaya memisahkan yang bersih dari yang kotor. Oleh karena itu sepatu dianggap paling tidak bersih karena dipakai diluar. Saat Anda memasuki rumah Jepang Anda harus melepaskan sepatumu. Hal ini juga berlaku untuk kamar hotel dan beberapa restoran. anda akan sering diberi sandal untuk dipakai, sama halnya dengan toilet di Jepang namun bentuk sendalnya berbeda. Jangan lupa untuk meninggalkannya di toilet karena sendal toilet sangat dianggap kotor oleh masyarakat Jepang dan anda akan membuat kaget banyak orang bila memakai sendal toilet keluar.

2. Toilet Jongkok
Secara tradisional, kebanyakan toilet Jepang adalah toilet jongkok. Tentu masih ditemukan di Jepang sampai hari ini (sekitar 10% dari toilet). Toilet jongkok Asia bisa sedikit rumit dan menantang secara fisik terutama untuk para wisatawan barat yang terbiasa menggunakan toilet duduk, dalam menggunakannya anda harus berjongkok dan menghadap kearah yang benar yaitu posisi depan adalah yang terdapat merk dari toilet tersebut.

3. Toilet Elektronik
Salah satu alasan yang membuat bingung para wisatawan ketika menggunakan toilet di Jepang adalah teknologi modern yang digunakan pada sebagian besar toilet modern di Jepang, dalam setiap tombolnya memiliki fungsi-fungsi tertentu yang tentunya akan membuat anda bingung bila belum mengetahuinya. Beberapa panduannya banyak diberikan dalam artikel travel Jepang dan Artforia juga akan memberikannya nanti kepada para pembaca jadi tunggulah artikel berikutnya.

4. Tanda Toilet
Tentu seperti toilet-toilet lainnya untuk membedakan toilet pria dan wanita akan diberikan sebuah tanda didepan pintu masuk toilet tersebut. Sangat jarang karakter kanji digunakan pada tanda toilet umum. Namun untuk berjaga-jaga bila tanda toilet tersebut tidak menggunakan sebuah gambar, ingatlah kanji untuk pria adalah 男 dan kanji untuk wanita adalah 女.

5. Lokasi Toilet
Lokasi toilet di Jepang sama seperti negara-negara lainnya tidak jauh berbeda seperti di toko swalayan dan di Jepang juga terdapat beberapa kios khusus untuk toilet yang terdiri dari banyak toilet. Sehingga anda tidak perlu khawatir untuk kesulitan menemukan toilet di Jepang.

6. Tisu Toilet
Dulu, toilet umum di Jepang tidak menyediakan tisu toilet. Sehingga sebagian besar para wisatawan membawa tisu toilet setiap saat. Meskipun sekarang sudah cukup banyak toilet-toilet yang menyediakan tisu toilet di Jepang namun toilet seperti itu masih bisa ditemukan di Jepang sehingga sebaiknya anda menyiapkan satu buah tisu toilet di tas anda.

7. Jenis Toilet
Mungkin hanya di Jepang yang memiliki jenis toilet cukup banyak, beberapa alat yang digunakan didalam toilet di Jepang tidak semuanya dapat digunakan untuk semua kalangan, seperti misalnya wastafel khusus muntah yang sering tersedia di toilet-toilet Izakaya Jepang (Pub Jepang) atau juga toilet khusus anak kecil pria didalam toilet perempuan yang sengaja dipasangkan bila anak-anak mengikuti para ibunya ke toilet. Jangan sampai anda salah menggunakannya ya!.

7 Hal Yang Anda Harus Ketahui Sebelum Menggunakan Toilet Jepang