7 Buah Khas Jepang Yang Mungkin Anda Belum Ketahui

Kuliner Jepang – Setiap negara pastinya memiliki sebuah buah-buahan yang khas dan berasal dari negara tersebut, namun juga banyak buah-buahan global yang memang berasal dari banyak tempat seperti Pisang dan Apel, di Jepang buah-buahan khas yang mungkin anda belum ketahui nampaknya cukup banyak. Bukan hanya Apel Fuji saja yang sebenarnya buah khas yang dimiliki oleh negara matahari terbit ini, berikut ini terdapat 7 daftar buah khas Jepang yang mungkin anda belum ketahui.

Simak Juga : Sarapan Cepat Dan Sehat Dengan Nasi Telur Jepang

 

Kyoho

artforia.comBila anda melihat bentuknya pasti anda sudah akan tahu ini adalah salah satu jenis dari buah Anggur, Kyoho adalah anggur Jepang berwarna ungu tua yang besar yang memiliki kulit tebal dan biasanya dimakan dengan dikupas terlebih dahulu. Kyoho sangat berair dengan rasa anggur yang enak. Mereka bisa tumbuh sebesar plum.

Kyoho dapat banyak ditemukan tumbuh di prefektur Yamanashi dan Nagano. Disana banyak pertanian yang menawarkan kegiatan memetik anggur ketika musim panen tiba. Kyoho sering dipanen dua kali setahun dengan musim utama yang jatuh pada akhir Agustus dan September. Kualitas mereka dinilai dengan hati-hati untuk warna, ukuran dan ketidaksempurnaan. Kyoho dengan kualitas terbaik bisa menjadi barang mewah yang bisa sangat mahal meski terdapat banyak dipasaran. Kualitas menengah Kyoho bisa semurah 400 yen.

 

Kaki

artforia.comDilihat dari bentuknya Kaki seperti sebuah tomat namun sebenarnya adalah buah jeruk khas Jepang yang memiliki tekstur keras seperti kayu dan rasanya seperti jeruk. Mereka hadir dan panen pada akhir musim gugur. Pohon Kaki akan kehilangan seluruh daunnya sebelum masa panen tiba sehingga akan hanya terlihat buah-buahnya saja dipepohonan. Pemandangan pohon Kaki yang tandus dan penuh buah-buahnya menjadi pemandangan umum di pedesaan Jepang pada musim gugur.

Buah Kaki itu asli Jepang. Ada hingga 800 jenis buah Kaki tapi hanya selusin yang biasa dikenal. Kaki memiliki texture yang renyah dengan rasa seperti jeruk yang kuat. Ukurannya kira-kira seukuran apel. Kaki dikupas dan diiris untuk menghilangkan biji sebelum makan. Mereka hanya boleh dimakan saat sudah masak. Kaki yang tidak matang akan terasa sangat pahit dan memiliki tingkat senyawa tanin yang tinggi. Tannin dari kaki bisa digunakan sebagai penolak serangga.

 

Ume

artforia.comBisa dibilang bila buah Ume adalah buah aprikot negara Jepang yang terkenal dengan rasa unik dan asamnya. Mereka jarang dimakan secara langsung tapi terutama digunakan untuk membuat acar umeboshi. Mereka juga digunakan sebagai ramuan dalam berbagai makanan dan minuman Jepang. Ada banyak pohon ume di Jepang. Mereka populer karena ume blossoms adalah bunga pertama yang mekar di akhir musim dingin. Mereka dianggap sebagai pertanda musim semi.

 

Yuzu

artforia.comYuzu adalah buah citrus Jepang dengan rasa pahit yang cukup tinggi. Mereka memiliki kulit bergelombang yang awalnya berwarna hijau. Buahnya berubah kuning saat matang. Yuzu tidak begitu spesial jika dibandingkan dengan buah Jepang lainnya. Mereka jarang dimakan secara langsung. Sebagai gantinya, kulit dan jus mereka digunakan dalam memasak dan minuman.

 

Shikuwasa

artforia.comBuah Shikuwasa adalah bagian dari kehidupan yang akrab di Kepulauan Okinawa. Mereka ada di mana-mana dan murah dari akhir musim panas sampai pertengahan musim dingin. Banyak rumah tua di kepulauan Okinawa memiliki Shikuwasa di halaman. Mereka memiliki rasa seperti jeruk asam. Shikuwasa digunakan untuk membuat jus, selai dan rasa masakan lokal.

 

Daidai

artforia.comDaidai juga merupakan salah satu jenis buah jeruk yang berasal dari Jepang, namun keunikan dari buah ini dikatakan bila Daidai mampu tahan lama berada dipohon selama bertahun-tahun jika tidak ada yang memakannya. Mereka berubah menjadi oranye di musim dingin dan kembali menjadi hijau di musim panas. Mereka adalah simbol umur panjang di Jepang dan digunakan sebagai hiasan Tahun Baru Jepang.

Buah Daidai telah mempengaruhi budaya Jepang dengan berbagai cara. Sebuah kata lama untuk warna oranye di Jepang adalah daidai-iro, yang merupakan kata untuk buah daidai ini. Buah daidai sangat pahit dan jarang dimakan. Buah ini biasa digunakan sebagai rasa dalam memasak dan kulitnya digunakan dalam pengobatan tradisional Jepang.

 

Kinkan

artforia.comKinkan merupakan salah satu bagian dari buah jeruk berukuran cukup kecil dan memiliki rasa yang asam. Biasanya buah ini dimakan secara utuh atau diolah menjadi sebuah manisan dan bisa juga sebagai makanan pencuci mulut.

Dalam beberapa hal, kulit Kinkan dimakan dan buahnya dibuang. Ini adalah kebalikan dari kebanyakan cara memakan buah. Kinkan adalah sejenis jeruk Kumquat yang berasal dari China. Di Jepang, mereka kebanyakan ditanam di pulau Kyushu. Pada musim semi pohon Kinkan akan mekar dengan bunga berwarna putih. Pohon kinkan berbentuk seperti semak tebal yang dapat hidup di dataran kering ataupun berair. Pohon ini menghasilkan banyak buah di musim gugur yang dipanen di musim dingin.

Pohon kinkan memiliki daun berawrna hijau tua yang cukup kontras dengan warna salju ketika musim dingin sehingga sering memberikan pemandangan yang indah ketika musim salju tiba, Kinkan biasa digunakan dalam memasak, makanan penutup dan sebagai hiasan koktail. Mereka tidak jauh lebih besar dari pada zaitun.

Itulah ke 7 buah yang berasal dari negara Jepang yang mungkin ada yang belum anda ketahui!.