6 Tayangan Anime Minggu Pagi Yang Kini Jadi Kenangan

Berita Anime JepangBagi anak-anak generasi tahun 90an pastinya pernah mengalami serunya nonton sebuah film animasi Jepang yang selalu hadir pada minggu pagi di layar TV indonesia! apa kalian masih ingat semuanya? mungkin bagi generasi yang sudah diatas 2005 ke atas sudah tidak merasakan ini lagi karena pada saat tahun tersebut kehadiran film animasi Jepang pada minggu pagi sudah mulai berkurang. Artforia akan berbagi sebuah nostalgia tentang tayangan anime Jepang yang pernah menemani masa kecil para generasi 90an yang kala itu dipenuhi oleh tayangan anime seru dibeberapa stasiun televisi indonesia.

Simak Juga : Anime Dari Manga Populer Gakuen Babysitter Akan Tayang Perdana Pada 7 Januari Mendatang

 

1. Doraemon

7 Tayangan Anime Minggu Pagi Yang Kini Jadi KenanganSiapa generasi 90an yang tidak mengenal Doraemon? tentunya hampir seluruh anak-anak kala itu menonton filmnya setiap minggu pagi. Doraemon (ド ラ え も ん) adalah sebuah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Fujiko F. Fujio. Serial ini juga telah diadaptasi menjadi serial anime dan franchise media yang sukses. Ceritanya berkisar pada seekor kucing robot bernama Doraemon, yang berjalan kembali pada waktunya dari abad ke-22 untuk membantu anak pra-remaja bernama Nobita Nobi (野 比 の び 太 Nobi Nobita). Series filmnya hadir distasiun TV RCTI semenjak tahun 1988.

 

2. Digimon Series

7 Tayangan Anime Minggu Pagi Yang Kini Jadi KenanganUntuk yang satu ini sangat digemari dan terkenal dikalangan anak-anak pria meskipun beberapa anak wanita juga menyukainya, Digimon (デジモン Dejimon?) yang merupakan singkatan dari Digital Monster (デジタルモンスター Dejitaru Monsutā) merupakan sebuah petualangan seru para anak-anak terpilih di dunia digital yang terkena serangan digimon jahat. Kehadiran anime ini sendiri ada pada stasiun televisi Indonesia dari season 1 sampai season 5 dan beberapa game bertema digimon kala itu juga sangat populer dikalangan anak-anak. Hampir setiap perbincangan anak-anak disekolah pada kala itu adalah membicarakan tayangan digimon. Sampai saat ini banyak sekali para anak-anak yang sudah dewasa yang masih menggemari kehadiran Digimon dengan mengoleksi figurenya atau juga memainkan gamenya.

 

3. Detective Conan

7 Tayangan Anime Minggu Pagi Yang Kini Jadi KenanganKepintaran detektif kecil ini dalam mengungkap kasus kejahatan menjadi tayangan wajib bagi sebagian besar anak-anak pada tahun 90an dan awal tahun 2000. Case Closed yang juga dikenal sebagai Detektif Conan (Meitantei Konan), adalah serial manga detektif Jepang yang sedang ditulis dan diilustrasikan oleh Gosho Aoyama. Ini adalah serial di Shogakukan’s Weekly Shonen Minggu pada tanggal 19 Januari 1994, dan telah dikumpulkan menjadi 93 volume tankōbon. Tayangan ini hadir pada stasiun TV SCTV dari tahun 1997 – 2000 dan kemudian pindah ke Indonesia mulai tahun 2000 – 2011.

 

4. Pokemon

5 Tayangan Anime Minggu Pagi Yang Kini Jadi KenanganKehadirannya sama seperti Digimon dimana Pokemon atau kepanjangannya adalah Pocket Monsters (ポケットモンスター Poketto Monsutā) menjadi salah satu tayangan favorit bagi anak-anak diminggu pagi, konsep dari anime ini sendiri sama seperti Digimon yaitu seorang bocah bernama Ash atau dalam bahasa Jepang bernama Satoshi memiliki petualangan bersama monster favoritnya Pikachu. Di Indonesia, serial Pokémon mulai masuk tahun 2001 saat disiarkan di SCTV, dan kemudian diambil alih oleh Indosiar dan akhirnya pada tahun 2015 disiarkan oleh MNCTV.

 

5. Dragon Ball

6 Tayangan Anime Minggu Pagi Yang Kini Jadi KenanganManusia saiya super Songoku adalah nama yang tidak akan pernah dilupakan oleh anak-anak generasi 90an dan juga tahun 2000an. Dragon Ball (ドラゴンボール Doragon Bōru?) adalah sebuah manga dan anime karya Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. Albumnya terdiri dari 42 buku dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelumnya Dragon Ball juga pernah diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. Pada saat itu tidak hanya filmnya yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak pada minggu pagi tetapi juga komiknya yang dikoleksi. Film Dragon Ball sendiri masih berlanjut hingga sekarang namun tidak lagi di televisi indonesia.

 

6. Lets And Go

6 Tayangan Anime Minggu Pagi Yang Kini Jadi KenanganSosok mereka membuat penjualan tamiya di Indonesia sangat laku pesat. Bakusō Kyōdai Lets & Go merupakan serial manga yang dibuat oleh Tetsuhiro Koshita, yang pertama kali hadir di majalah komik CoroCoro Shogakukan pada Juli 1994 sampai Oktober 1999. Ceritanya berfokus pada dua bersaudara kembar yang fokus pada dunia balap mobil miniatur yang dikenal dengan Mini 4WD atau disebut juga tamiya. anime ini ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI pada 8 September 2002 hingga 18 September 2005 setiap hari Minggu pukul 06.30 WIB sebelum akhirnya digantikan oleh Chouseishin Gransazer.

Itulah ke 6 film anime yang sangat populer dan tidak mungkin terlupakan oleh generasi anak-anak tahun 90an dan juga 2000an, menurut kalian yang pernah menonton serial animasi ini di stasiun televisi Indonesia, manakah yang paling tidak terlupakan?.