6 Komunitas Masyarakat Jepang Terbesar Di Beberapa Negara

Seni Budaya Jepang – Sebuah aktivitas imigrasi adalah hal yang selalu terjadi pada sebuah negara, Jepang juga menjadi salah satu yang masyarakatnya melakukan sebuah imigrasi berpindah ke negara-negara lain yang ada di dunia. Memang jauh lebih mudah menemukan Chinatown di kebanyakan negara daripada di Japantown. Ada lebih dari 50 juta orang keturunan Tionghoa yang tinggal di luar China. Hanya ada 3,6 juta orang keturunan Jepang yang tinggal di luar Jepang.

Tentunya seperti imigran di mana-mana, orang Jepang meninggalkan tanah air mereka untuk mencari kehidupan yang lebih baik bagi keluarga mereka. Sebagian besar imigrasi ini terjadi dari tahun 1868 ~ 1912. Sebagian besar imigran Jepang mengalami kesulitan besar akibat terjadinya Perang Dunia II. Dalam banyak kasus, mereka memiliki harta benda mereka disita dan dikebumikan di kamp selama perang (misalnya Amerika Serikat, Kanada dan Peru).

Terlepas dari tantangan besar ini, masyarakat Jepang bertahan dan berkembang serta membangun niat baik di negara masing-masing selama bertahun-tahun (misalnya dengan festival budaya dan persahabatan Jepang). Berikut ini adalah 6 negara yang memiliki populasi orang Jepang terbesar.

Simak Juga : 10 Mobil Jepang Yang Paling Legendaris

 

1. Brazil (1.500.000)

6 Negara Yang Memiliki Orang Jepang Terbanyak DiduniaJepang dan Brasil memiliki sejarah panjang pertukaran budaya dan ekonomi. Saat ini, Brasil memiliki komunitas Jepang terbesar di luar Jepang. Tentunya ada juga banyak orang Brasil yang tinggal di Jepang. Faktanya, orang Brazil mewakili kelompok etnis non-Asia terbesar di Jepang dengan total sebanyak 312.582 orang. Imigrasi Jepang ke Brasil dimulai pada tahun 1908. Pada awalnya, imigran Jepang mengundurkan diri dari pekerjaan pertanian dengan bayaran rendah. Dengan setiap generasi, Jepang telah memperbaiki kehidupan mereka di Brasil. Dalam beberapa tahun terakhir, budaya Jepang sangat populer di Brasil. Setiap tahun, ada puluhan festival Jepang yang diadakan di seluruh Brasil (misalnya Bon Festival di São Paulo).

 

2. Amerika Serikat (1.204.205)

6 Negara Yang Memiliki Orang Jepang Terbanyak DiduniaFakta menarik yaitu sekitar 1/3 dari populasi Hawaii mengidentifikasi diri mereka sebagai memiliki warisan Jepang. Budaya Jepang memiliki pengaruh yang besar di Hawaii. Makanan Jepang, festival dan adat istiadat mudah dilihat dalam kehidupan sehari-hari di Hawaii. Budaya Hawaii dan Jepang telah menyatu menjadi satu dengan cara yang menarik. Spam musubi adalah makanan Hawaii yang menggunakan ramuan lokal yang populer (spam) yang disiapkan sebagai onigiri (bola nasi Jepang). Selain itu populasi orang Jepang juga tercatat banyak di daerah California, Washington dan Oregon.

 

3. Filipina (120.000)

6 Negara Yang Memiliki Orang Jepang Terbanyak DiduniaMeskipun terbilang cukup jauh dari Brazil dan Amerika Serikat tetapi Filipina merupakan negara ketiga yang memiliki populasi masyarakat Jepang terbanyak dengan total kira-kira 120.000 orang. Filipina adalah negara pertama yang mengalami imigrasi Jepang (pada awal abad ke-12). Banyak orang Katolik Jepang melarikan diri ke Filipina pada abad ke-17 untuk menghindari penganiayaan agama.

 

4. Inggris (100.000)

6 Negara Yang Memiliki Orang Jepang Terbanyak DiduniaPada awal tahun 1867, ada banyak mahasiswa Jepang belajar di Universitas Cambridge dan universitas Oxford. Orang Jepang telah berimigrasi ke Inggris untuk studi atau alasan bisnis sejak saat itu. Beberapa festival budaya dan pertemanan Jepang diadakan setiap tahun di London (misalnya London Japan Matsuri). Karena cukup sulitnya ketentuan imigrasi di Inggris membuat perpindahan imigrasi masyarakat Jepang juga tidak begitu besar seperti di Amerika Serikat.

 

5. Peru (90.000)

6 Negara Yang Memiliki Orang Jepang Terbanyak DiduniaPeru adalah negara Amerika Selatan pertama yang menjalin hubungan dengan Jepang. Itu juga merupakan negara Amerika Selatan pertama yang menerima imigrasi Jepang (1899). Pada Perang Dunia ke II, orang-orang Jepang-Peru dikirim ke kamp-kamp pengasingan di Amerika Serikat secara massal (properti mereka disita). Sangat sedikit akibat tragedi ini masyarakat Jepang yang pernah kembali ke Peru. Terlepas dari kesulitan ini, beberapa masyarakat Jepang telah bertahan. Alberto Fujimori adalah anak imigran Jepang ke Peru dan dirinya menjabat sebagai presiden negara yang kontroversial sejak 1990 – 2000.

 

6. Canada (81.300)

6 Negara Yang Memiliki Orang Jepang Terbanyak DiduniaImigrasi Jepang ke Kanada lebih terlihat pada daerah West Coast di Canada terutama di Vancouver. Sejumlah besar orang Jepang-Kanada generasi kedua dan ketiga telah memilih untuk menikah dengan orang-orang non-Jepang. Kanada adalah negara multi budaya yang menerima perkawinan antar ras. Dan juga adanya sistem penukaran antar pelajar Jepang dan Canada membuat imigrasi antar kedua negara akan terus berjalan hingga saat ini.

Itulah ke 6 negara-negara yang memiliki populasi orang Jepang terbanyak di dunia, meskipun Indonesia tidak termasuk namun tercatat ada beberapa orang Jepang yang menetap di Indonesia pada saat ini.