5 Tradisi Gaya Hidup Jepang Yang Akan Membuat Anda Terkejut

Berita Lifestyle Jepang – Tradisi gaya hidup setiap negara memang memiliki perbedaan namun terkadang ada yang sulit dipercaya karena terlalu unik atau anehnya sebuah tradisi tersebut yang digunakan. Jepang menjadi salah satu negara yang banyak memiliki tradisi gaya hidup aneh dan unik, melihat secara sekilas atau sebentar saja memang tidak cukup untuk dapat mengetahui semua tradisi atau budaya yang dimiliki oleh negara matahari terbit ini. Dibawah ini Artfroia akan memberikan 5 tradisi gaya hidup unik dan aneh yang mungkin anda belum ketahui selama ini tentang Jepang.

Simak Juga : 6 Kebiasaan Dan Etika Masyarakat Jepang Yang Unik

 

Yaeba

5 Tradisi Gaya Hidup Jepang Yang Mungkin Anda Belum KetahuiNormalnya memiliki gigi yang teratur atau rapih adalah impian setiap orang tetai di Jepang muncul sebuah tradisi gaya hidup yang unik mengenai gigi yang disebut dengan Yaeba. Tradisi ini adalah memanjangkan gigi taring sehingga terlihat lebih panjang daripada gigi lainnya, di Indonesia mungkin bisa dibilang gigi gingsul. Yaeba sendiri memiliki arti yaitu gigi vampir, penampilan seperti ini diyakini banyak remaja di Jepang memberikan tampilan yang lebih imut dan menarik terutama untuk kalangan gadis remaja.

 

Kodokushi

5 Tradisi Gaya Hidup Jepang Yang Mungkin Anda Belum KetahuiTidak ada yang tampak lebih tragis daripada meninggal sendirian, namun hal tersebut terjadi di Jepang setiap saat. Hal ini juga karena salah satu efek samping dari rata-rata usia masyarakat Jepang yang lebih banyak dihuni oleh para orang lanjut usia, bisa dikatakan satu dari lima orang Jepang berusia di atas 65 tahun dan banyak di antara mereka berusia delapan puluhan hingga sembilan puluhan. Oleh karena itu cukup banyak para orang tua di Jepang yang tak terurus dan menyebabkan sebuah fenomena yang dikenal sebagai “Kodokushi”, yang memiliki arti kematian yang sepi. Ribuan kasus terjadi di Jepang setiap tahunnya, terutama di kalangan pria yang memiliki sedikit ikatan sosial. Terkadang sampai-sampai jenazah terbengkalai begitu lama dirumah. Bahkan ada perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membersihkan tempat tinggal orang-orang yang telah menyerah pada takdir semacam itu.

 

Inemuri

5 Tradisi Gaya Hidup Jepang Yang Mungkin Anda Belum KetahuiMungkin untuk sebagian besar negara lain tradisi gaya hidup ini mengundang kontroversial terutama didalam dunia pekerjaan, Jepang masyarakatnya memang dikenal sangat bekerja keras dan hanya memiliki waktu tidur yang sedikit, hal tersebut bisa dilihat dengan adanya tradisi unik yang tercipta bernama “Inemuri” yaitu tertidur ditempat kerja, dimana dalam tradisi ini dipercaya bila orang tersebut telah melakukan kerja keras, para pemilik toko atau perusahaan juga menghargai adanya tradisi Inemuri ini yang menganggapnya para pekerja mereka telah bekerja keras dan membutuhkan sedikit energi. Bukan karena malas atau memang suka tidur tetapi masyarakat Jepang yang melakukan ini karena memang terlalu lelah bekerja. Jangan meniru tradisi ini pada tempat kerja anda karena tentu akan mendapatkan teguran dari atasan!.

 

Proses Hukum

5 Tradisi Gaya Hidup Jepang Yang Mungkin Anda Belum KetahuiSejarah Yakuza memang memberikan kesan mengerikan dalam kehidupan di Jepang tetapi sebenarnya hal tersebut tidak mempengaruhi sama sekali kualitas keamanan yang dimiliki oleh negara ini, Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat kriminal terendah di dunia namun dengan tingkat kriminal rendah tersebut bukan berarti proses hukum disana ringan atau tidak ketat, menurut catatan yang ada rata-rata proses tindak penangkapan atau pengadilan disana berjalan 99% akurat, yang maksudnya adalah setiap proses hukum yang berjalan seseorang pasti akan ditangkap dengan bukti-bukti yang jelas. Lalu tidak seperti kebanyakan negara lain, narapidana hukuman mati hanya diberitahu beberapa jam sebelumnya sampai waktu eksekusi tiba.

 

Hikikomori

5 Tradisi Gaya Hidup Jepang Yang Mungkin Anda Belum KetahuiPerkembangan teknologi memang terus berjalan di Jepang namun tidak dengan perkembangan komunitasnya, sifat dari sebagian besar masyarakat Jepang yang cenderung pemalu dan tertutup membuat sebuah tradisi gaya hidup bernama Hikikomori muncul, tradisi gaya hidup ini sebenarnya sangat dihindari oleh para masyarakat Jepang namun dapat datang kepada siapa saja terutama para remaja tanpa disadari oleh diri mereka sendiri. Efek dari tradisi ini adalah mereka cenderung mengurung diri dikamar dan asik dengan dunia mereka sendiri tanpa memperdulikan dunia luar atau sosial. Terlalu lama dengan tradisi ini akan berdampak buruk untuk orang tersebut oleh karena itu sejumlah pusat kesehatan di Jepang sedang giat untuk memberikan pencegahan terhadap kebiasaan buruk atau tradisi buruk ini.