5 Tips Penting Dalam Melakukan Cosplay Terutama Untuk Pemula

Berita Cosplay Jepang – Cosplay adalah sebuah hobi yang sangat terkenal dan telah berkembang besar pada saat ini, namun dibalik sebuah hobi, cosplay ternyata adalah sebuah aktivitas yang cukup besar menuntut sebuah kreativitas yang tinggi dimana para pelaku cosplay atau disebutnya cosplayer memiliki beberapa keterampilan untuk dapat melakukan cosplay dengan sempurna atau ingin menjadi sebuah profesional cosplayer. Tetapi memang banyak para masyarakat yang melakukan cosplay hanya untuk sekedar kesenangan saja, berikut ini Artforia akan memberikan 5 tips penting yang harus diketahui oleh para cosplayer terutama cosplayer pemula.

Simak Juga : Festival Cosplay Halloween Ikebukuro Akan Segera Berlangsung

artforia.com1. Jangan mudah terintimidasi
Saat Anda melihat foto-foto cosplayer yang diposkan di situs seperti Deviant Art dan Cosplay.com, mudah untuk merasa terintimidasi. Namun anda harus mengetahui bila ada orang yang telah mengubah cosplay menjadi bentuk seni yang serius, lengkap dengan kostum detail, detail rambut dan makeup dan foto berpose cantik. Tapi tidak semua orang telah mengejar hobi dengan tingkat intensitas seperti itu dan bila anda hanya melakukan cosplay hanya untuk kesenangan janganlah merasa jelek atau tidak pantas karena pada dasarnya Cosplay tidaklah harus mirip 100% dengan aslinya.

Jika Anda pergi ke sebuah konvensi, Anda akan melihat banyak jenis kostum yang berbeda, mulai dari yang dibeli dengan toko sampai buatan sendiri, dari yang sederhana hingga yang kompleks. Beberapa orang bertujuan untuk melihat sebanyak karakter yang mereka potret sebaik mungkin dan sebagian lagi tidak jadi ini semua masalah pilihan pribadi. “Kunci untuk tidak terintimidasi oleh cosplay adalah dengan mengingatnya, ini hanya untuk bersenang-senang,”.

2. Gunakan bahan-bahan dengan berat yang ringan untuk costume & props
Ada kalanya kostum tidak lengkap tanpa alat peraga. Maka biasanya didalam sebuah cosplay selalu dibuat alat peraga atau disebutnya cosplay props untuk melengkapi sebuah costume, tentu untuk membuat mirip tidak perlu dengan bahan-bahan yang berat karena selain dapat menyusahkan diri anda sendiri dan juga membahayakan orang lain.

Saat bepergian dengan alat peraga, hal yang terpenting adalah anda dapat membawanya dengan nyaman dan tahan lama oleh karena itu anda harus membuatnya dengan ringan, terkadang rata-rata para cosplayer menggunakan bahan plastik, busa, styrofoam dan juga kayu sebagai bahannya.

3. Kemas secara efisien.
Bisa anda bayangkan bila ketika anda telah berhasil membuat sebuah costume atau props dengan memakan waktu selama berbulan-bulan dan ketika acara berlangsung costume atau props anda rusak karena anda tidak membawanya dengan baik dan benar. Hal ini mungkin sepele namun telah cukup banyak para cosplayer yang menjadi korban oleh karena itu hal ini sangat perlu diperhatikan.

Selalu periksa dan kemas barang-barang anda dengan baik sebelum berpergian seperit misalnya jika anda menggunakan sebuah koper pastikan koper tersebut muat dengan pas untuk costume dan props anda dan jangan paksakan jika anda merasa ukuran nya tidak pas. Usahakan anda membuat sebuah props atau costume yang bisa dipisah-pisah sehingga mudah untuk membawanya dan juga gunakan bungkus gelembung untuk lebih aman.

4. Selalu membawa persiapan.
Maksudnya membawa persiapan adalah anda harus siap potensi bencana yang bisa terjadi oleh kostum yang anda gunakan, misalnya bila anda menggunakan kostum full maka anda pastinya akan merasa panas dan juga lelah karena itu anda bisa menyiapkan alat penyegar seperti Fabreze dan juga beberapa air minum. Alat-alat jahit juga bisa menjadi persiapan untuk anda bila anda menggunakan kostum kain yang mungkin sejata terjadi sebuah kendala seperti robek atau semacamnya.

Beberapa cosplayer profesional juga mengingatkan para cosplayer untuk memastikan untuk menggunakan pakaian dalam yang tepat untuk kostum anda. Jika tali bra gantung akan merusak tampilan Anda, berhati-hatilah untuk memastikan hal itu tidak terjadi.

5. Terima kritik dan saran.
Melakukan kostum pada sebuah acara tentunya akan menarik banyak perhatian publik sekitar dan tentunya penilaian serta selera setiap orang berbeda-beda maka janganlah tersinggung ataupun marah bila seseorang merasa kostum yang anda gunakan kurang pas atau bagus. Sebuah saran atau kritik bukanlah sebuah hal yang menjelekan diri anda tetapi sebuah alat untuk anda dapat lebih berkembang didalam melakukan cosplay.

Beberapa cosplayer juga mengatakan bila “Anda akan mendapatkan komentar, tatapan, dll, dan beberapa di antaranya mungkin tidak nyaman atau menyakitkan dan saran terbaik saya adalah belajar mengabaikannya”

Itulah kelima tips penting dalam melakukan cosplay terutama untuk para cosplay pemula semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca setia Artforia!.

artforia.com