5 Role Playing Game Jepang Terpopuler Versi Artforia

Dunia Hobi Jepang – Selain makanan, anime/manga dan juga fashion produk Jepang banyak yang menarik perhatian dunia luar, salah satunya adalah dunia hobi games yang kini telah sangat modern dan berkembang terus hingga generasi terbaru. Sony Playstation adalah salah satu mesin games yang kini merajai dunia games didunia. Tentu didalam dunia games digital terdapat genre-genre games yang berbeda, namun sebagai salah satu negara penghasil games digital terbesar di dunia Jepang rupanya menguasai pasaran genre Role Playing Games dimana genre ini berkonsep petulangan di dunia fantasy.

Dengan melakukan beberapa survey termasuk dari para staff Artforia dapat menentukan 5 games JPRG (Japan Role Playing Game) terpopuler dibawah ini.

Simak Juga : Nendoroid Si Kecil Yang Disukai Banyak Orang

 

1. Final Fantasy Series

5 Role Playing Game Jepang Terpopuler Versi ArtforiaPada saat ini siapa gamer terutama para gamer console pemiliki Playstation yang tidak mengenal game berjudul Final Fantasy? tentunya sebagian besar gamer mengenal series game lengendaris yang dipublikasikan oleh Square Enix ini sejak dahulu. Bahkan kehadiran games ini telah menemai beberapa generasi remaja di dunia, termasuk para kru Artforia. Masing-masing series dalam games ini memiliki plot cerita yang berbeda, beberapa tokohnya bahkan sangat terkenal seperti Cloud Strife, Tidus, Tifa Lockhart, Noctis, Lightning dan masih banyak lagi yang menjadi favorit sebagian besar gamer didunia.

 

2. Suikoden Series

5 Role Playing Game Jepang Terpopuler Versi ArtforiaUntuk game satu ini juga merupakan game klasik yang sangat populer dikalangan para gamer, terutama para gamer tahun 90an dan juga awal tahun 2000 karena game ini sudah tidak memiliki series terbarunya pada saat ini. Dengan total terdapat 10 series dalam game ini berhasil memberikan gamer sebuah permainan RPG yang sangat seru. Game ini dipubliskasikan oleh Konami yang berceritakan tentang petualangan seorang pahlawan dengan para pasukannya yang mencapai 108 orang. Tidak seperti Final Fantasy karena Suikoden memiliki alur cerita yang bersambung dari 1 series ke series lainnya. Konsep game ini sendiri mengambil dari sebuah Novel terkenal.

 

3. Persona Series (Shin Megami Tensei)

5 Role Playing Game Jepang Terpopuler Versi ArtforiaMeskipun ketika dahulu tidak begitu dikenal tetapi setelah muncul beberapa serie terbarunya nama games Persona atau dalam bahasa Jepangnya adalah Shin Megami Tensei sangat laku keras dan populer, unsur dari ceritanya yang unik dan bagus serta gameplaynya yang baik membuat game yang memiliki developer Atlus ini begitu populer dengan cepat terutama ketika Persona 3 keluar di Playstation 2. Sistem dari game ini sedikit berbeda dari game lainnya dimana menyatukan sebuah unsur drama, dating simulator dan juga monster didalamnya sehingga membuat para gamer tidak bosan dalam memainkan game yang satu ini.

 

4. Tales Series

5 Role Playing Game Jepang Terpopuler Versi ArtforiaGames ini tidak kalah populernya dengan game-game RPG Jepang lainnya tetapi beberapa seriesnya memang ada yang kurang terkenal, Tales Series menjadi salah satu game RPG Jepang yang memiliki series terbanyak seperti Final Fantasy. Game besutan Bandai Namco ini juga telah menjadi teman para gamer dalam beberapa generasi sampai saat ini.

 

5. Star Ocean Series

5 Role Playing Game Jepang Terpopuler Versi ArtforiaSebagai penggemar fiksi ilmiah dan perjalanan luar angkasa, para pengembang di tri-Ace menciptakan rangkaian Star Ocean dengan setting sci-fi dalam pikiran dan telah menyebutkan Star Trek sebagai salah satu pengaruh utama mereka terhadap visual game juga. sebagai pengaruh yang mendasar namun nyata, terlihat pada seri secara keseluruhan. Sementara game Star Ocean pertama mencakup lebih banyak elemen fantasi untuk menarik penonton yang lebih luas, angsuran berikutnya secara alami bergerak menuju nuansa berorientasi yang lebih sci-fi, dengan beberapa series terbaru dari game Star Ocean ini.

Itulah 5 role playing game Jepang terpopuler menurut versi Artforia, hasil ini bukanlah diambil dari voting seluruh gamer namun menurut survey yang dilakukan oleh Artforia sendiri.