5 Musik Soundtrack Terpopuler Dalam Dunia Perfilman Jepang

Dunia Film Jepang – Seperti biasanya didalam film-film Jepang, kita sering menemukan sebuah lagu-lagu latar ketika sebuah scene berlangsung, lagu-lagu tersebut melengkapi suasana menjadi lebih terasa pada adegan-adegan di film. Tentunya terdapat beberapa lagu yang membuat para penonton khususnya para penonton di Jepang sangat menyukainya bahkan ada beberapa lagu film yang lebih diingat ketimbang filmnya itu sendiri. Berikut adalah tujuh lagu soundtrack didalam film Jepang yang populer di kalangan para penonton.

Simak Juga : Japan Movie Box Office Periode September 2017 Minggu Terakhir

 

1.“Hitomi o Tojite (Closing Eyes)” by Ken Hirai
Film: Crying Out Love in the Center of the World/世界の中心で、愛をさけぶ

artforia.comFilm ini adalah film Jepang terlaris kedua tertinggi tahun pada 2004 dan soundtracknya menjadi yang terpopuler pada tahun itu dengan judul “Hitomi o Tojite (Close Your Eyes)”. Film ini memiliki kisah tentang pemuda yang menolak sebuah pernikahan dan bersi keras untuk mempertahankan cinta remajanya yang akhirnya harus terpaksa menerima kenyataan yang pahit untuk nasib cintanya. Film ini juga dianggap sebagai titik awal genre “Pure Love” bioskop Jepang modern, lalu lagunya “Hitomi o Tojite” yang merupakan single ke 20 dari penyanyi Ken Hirai menjadi lagu terlaris di Jepang kala itu dengan berhasil menduduki puncak tangga lagu domestik dan menjadi inspirasi bagi banyak majalah-majalah musik di Jepang dan negara-negara Asia lainnya, termasuk Taiwan dan Korea Selatan.

 

2.“One Love” by Arashi
Film: Boys Over Flowers – Final/花より男子 ファイナル

artforia.comFilm yang diadaptasi dari sebuah manga terkenal ciptaan Yoko Kamio ini memang menuai banyak kesuksesan, Boys Over Flowers – Final adalah merupakan episode terakhir dari sebuah film populer Boys Over Flowers. Ceritanya berisikan kisah petualangan sebuah hubungan seorang gadis kelas pekerja Tsukushi dengan tunangannya yang merupakan seorang kaya raya yang elit. Film ini dibumbui oleh lagu soundtrack berjudul “One Love” dari Arashi yang berhasil menarik banyak perhatian para penontonnya dan membuat lagu ini juga masuk kedalam daftar populer para penggemar musik Jepang.

 

3.“Haruka” by GReeeeN
Film: Rookies Graduation/ROOKIES 卒業

artforia.comSalah satu film yang juga diadaptasi dari sebuah manga yang populer, Rookies Graduation adalah menceritakan sebuah kelompok pelajar yang selalu diremehkan dan juga selalu sial, perjuangan mereka dalam menjadi sebuah tim baseball yang kuat dan masuk kedalam turnamen bisbol antar sekolah menengah berhasil memberikan cerita yang sangat menarik kepada publik, namun selain itu terdapat sebuah soundtrack yang juga mengiringi kesuksesan film ini yaitu sebuah lagu dari grup musik GReeeeN dengan judul “Haruka”.

 

4. “Hanamizuki” by Hitoto Yo
Film: Hanamizuki/ハナミズキ

artforia.comSejauh ini mungkin film dengan judul Hanamizuki adalah yang terunik karena sebenarnya film terinspirasi oleh sebuah lagu yang juga memiliki nama yang sama yaitu “Hanamizuki” yang telah dirilis pada tahun 2004, Film ini memperlihatkan sebuah balada cinta, kehilangan dan kerinduan yang dinanti, mudah untuk merasakan suasana yang dirasakan oleh kedua tokoh didalam film ini yaitu Sae dan Kouhei, yang dimulai dengan cinta muda mereka di Hokkaido namun memudar secara tragis seiring dengan waktu dan jarak sampai akhirnya hilang karena tragedi yang tak terduga, namun kemudian diberi secercah harapan pada akhir cerita.

 

5.“Rain” by Sekai no Owari
Film: Mary and the Witch’s Flower/メアリと魔女の花

artforia.comDalam urutan ini mungkin ini adalah yang paling terbaru, selain soundtrack dari komposer Takatsugu Muramatsu yang sangat dikenal, film Mary dan the Witch’s Flower menampilkan lagu “Rain” dari Sekai no Owari, sebuah grub musik rock yang sangat terkenal dan juga kualitas live konser mereka yang menakjubkan. Film animasi ini memiliki kisah berdasarkan Mary Stewart’s The Little Broomstick yang dimana menceritakan seorang gadis muda bernama Mary (disuarakan oleh Hana Sugisaki) menemukan sebuah bunga misterius yang bisa mengubahnya menjadi penyihir, tapi hanya untuk satu malam.

Itulah ke 5 Lagu Soundtrack film yang populer menurut survei yang ada.

Source : JFF Magazine