5 Konsep Yang Digunakan Dalam Arsitektur Rumah Jepang

Berita Arsitektur Jepang – Jepang merupakan sebuah negara yang memiliki desain arsitektur bangunan rumah yang berciri khas, sedikit mirip dengan desain arsitektur China dan Korea namun terdapat beberapa perbedaan yang memberikan ciri khas masing-masing. Untuk membuat atau merubah rumah anda menjadi rumah Jepang tentu bukan hanya memberikan pintu geser ataupun lantai tatami tetapi ada beberapa hal lain yang perlu anda ketahui yang biasanya digunakan sebuah konsep desain khusus pada rumah-rumah di negeri sakura ini. Artforia akan berbagi informasi mengenai 5 konsep yang digunakan dalam arsitektur rumah Jepang dibawah ini.

Simak Juga : Rumah Rak Buku Karya Shinsuke Fujii

 

Keindahan Alam

5 Konsep Yang Digunakan Dalam Arsitektur Rumah JepangBudaya Jepang memang sangat cinta dan menghormati alam oleh karena itu konsep mereka dalam membuat rumah biasanya selalu diberikan sentuhan-sentuhan alam, contohnya seperti menambahkan tanaman tradisional Jepang, seperti bonsai dan bambu, ke rumah Anda akan memberi sentuhan budaya Jepang, selain bambu dan bonsai kecil anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hijau lainnya, hindari tumbuhan yang memiliki warna terlalu banyak karena konsep alam Jepang adalah tanaman hijau. Selain itu memberikan jendela besar atau pintu geser yang besar pada tengah ruangan yang menghadap ke taman juga merupakan sebuah konsep arsitektur cinta alam yang dimiliki Jepang.

 

Pintu Geser

5 Konsep Yang Digunakan Dalam Arsitektur Rumah JepangSeperti yang telah dikatakan pada awal pembicaraan tadi bila pintu geser Jepang memang merupakan sebuah elemen atau konsep penting dalam menciptakan sebuah arsitektur bangunan rumah Jepang. Pintu geser menjadi ciri khas kuat dari perumahan Jepang, tentunya konsep pintu geser ini memiliki alasan yaitu karena tingginya biaya perumahan di Jepang, membuat rumah-rumah cenderung tidak memiliki luas yang besar dan banyak penduduk menyewa apartemen, sehingga melestarikan setiap inci persegi ruang sangat penting. Dengan menggunakan pintu bergeser sangat memberikan ruang lebih didalam, itulah yang menjadi salah satu alasan terbentuknya pintu geser Jepang.

Bahan-bahan yang digunakan biasanya bambu dan kayu untuk bagian dalamnya pada jaman dahulu menggunakan kertas namun pada saat ini sering digantikan dengan kaca. Selain untuk menghemat ruang pintu geser juga biasanya tidak menutupi pemandangan luar sehingga menggunakan kaca adalah opsi yang bagus untuk memberikan pandangan luas terhadap rumah anda.

 

Interior Dari Alam

5 Konsep Yang Digunakan Dalam Arsitektur Rumah JepangSelain menampilkan pesona alam dengan menempatkan beberapa tanaman hijau seperti bonsai dan juga bambu kecil, konsep arsitektur Jepang juga menggunakan interior yang sebagian besar terbuat dari bahan alami seperti kayu dan juga bambu. Hindari menggunakan bahan-bahan lain. Budaya masyarakat Jepang yang memang banyak menggunakan unsur kayu pada rumah mereka, meskipun arsitektur terbaut dari bahan-bahan yang sederhana seperti kayu anda tetap bisa mendapatkan estetika dengan meletakannya pada posisi yang benar dan tidak berantakan.

 

Genkan

5 Konsep Yang Digunakan Dalam Arsitektur Rumah JepangPintu masuk rumah Jepang atau disebut genkan menjadi salah satu ciri khas yang perlu diterapkan bila anda ingin menciptakan suasana khas dari perumahan Jepang. Pada area ini para pengunjung rumah melepaskan sepatu mereka dan menggunakan sandal yang telah disediakan. Desain pada genkan terlihat unik dengan posisi lantai yang bertingkat dimana lantai yang diatas merupakan lantai rumah yang diharuskan pengunjung tidak boleh menginjaknya dengan sepatu atau alas kaki dari luar rumah. Untuk bahannya biasanya menggunakan lantai ubin berbahan dasar batu dan lantai atasnya menggunakan kayu selaras dengan lantai rumah. Biasanya juga tersedia rak sepatu yang disediakan untuk menyimpan sepatu-sepatu.

 

Penggunaan Warna Pada Interior & Bangunan

5 Konsep Yang Digunakan Dalam Arsitektur Rumah JepangSesuai dengan konsep sebelumnya yaitu keindahan alam dan bahan interior yang digunakan, sebagian besar rumah Jepang biasanya mengandung warna-warna sederhana dari alam. Warna dominan yang digunakan biasanya adalah coklat, dan warna-warna tanaman seperti hijau tua dan muda serta lantainya antara berwarna cokelat kayu atau abu-abu, dan sebagian besar dindingnya berwarna putih atau cokelat.