4 Jenis Komedi Yang Ada Di Jepang

Seni Budaya Jepang – Sebuah komedi atau acara lucu tentunya dimiliki oleh setiap negara terutama negara-negara maju dan berkembang yang memiliki banyak entertainment didalamnya, Jepang menjadi salah satu negara yang juga memiliki konsep komedi yang cukup besar, seperti di Indonesia komedi atau disebut lawak sangat populer menjadi tayangan sebuah acara atau televisi, Jepang memiliki 4 macam jenis komedi yang juga sering ditampilkan dihadapan publik, apa sajah kah 4 komedi tersebut? mari kita simak dibawah ini.

Simak Juga : Belajar Bahasa Jepang Mudah Dengan Metode Mnemonic

 

1. Kyogen

4 Jenis Komedi JepangKyōgen (狂言) adalah bentuk teater komedi tradisional Jepang. Komedi ini dikembangkan bersama pertunjukan teater Nō, terkadang tampil secara bersamaan dengan pertunjukan teater noh dengan sebutan Noh-kyōgen. Isinya tetap sama sekali tidak mirip dengan teater Nō formal, simbolis, dan khidmat, karena noh-kyōgen adalah bentuk komedi, dan tujuan utamanya adalah membuat penonton tertawa. Kyogen adalah bentuk komedi lama yang berasal dari abad ke-14. Kyogen didasarkan pada slapstick dan satire. Ini dilakukan dalam versi kuno bahasa Jepang namun mudah dipahami karena ucapan, ekspresi wajah dan gerakan yang dilebih-lebihkan.

 

2. Rakugo

4 Jenis Komedi JepangRakugo adalah sejenis teater komedi tradisional Jepang yang bisa diterjemahkan secara harfiah memiliki arti yaitu “kata-kata yang jatuh”. Didalam komedi ini akan hadir seorang pendongeng tunggal yang menyampaikan cerita komikal panjang dan kompleks yang mencakup dialog antara beberapa karakter. Bisa dikatakan bila dinegara lain adalah sebuah stand-up komedi namun dibalut tradisional oleh cara Jepang.

 

3. Owarai

4 Jenis Komedi JepangOwarai merupakan bentuk dari komedi Jepang modern yang memiliki arti harfiah “tertawa”. Acara ini sering tampil di televisi Jepang dan isinya cukup luas serta mengambil unsur-unsur luar yang beraneka ragam. Sudah biasa bagi pemeran Owarai yang populer hadir sebagai artist tetap pada sebuah acara TV seperti variety show, game shows, segmen makanan, fitur perjalanan dan pertunjukan musik.

 

4. Manzai

4 Jenis Komedi JepangManzai merupakan komedi tradisional yang konsepnya menampilkan dua karakter lucu dengan tempo yang cepat, salah satu karakter memiliki pribadi yang bodoh, pelupa dan ceroboh serta satu karakter lagi berperan untuk mengoreksi setiap kesalahan dari karakter satunya, komedi Manzai masih sering dipertunjukan sampai saat ini. Bahkan terdapat beberapa pemeran Manzai yang sangat terkenal di Jepang.

Itulah ke 4 jenis komedi yang ada di negara Jepang apakah salah satu diantaranya pernah anda lihat?.