10 Boneka Tradisional Jepang Yang Bisa Di Jadikan Koleksi

Berita Hobby Jepang – Mengoleksi adalah salah satu hobi terbesar masyarakat Jepang, budaya mengoleksi oleh masyarakat Jepang memang sudah dilakukan sejak dahulu dan memang mengoleksi juga bukan hanya masyarakat Jepang saja yang memilikinya namun masyarakat negara lain juga memiliki hal yang sama. Berikut ini Artforia akan memberikan 11 boneka tradisional khas Jepang yang mungkin saja bisa dijadikan salah satu koleksi anda para pecinta boneka!.

Simak Juga : Ketika Hobi Dan Fashion Menjadi Satu Inilah Lulu Hashimoto Sebuah Boneka Model Berjalan

Pada jaman era Edo, pembuat boneka bisa ditemukan di setiap kota besar di Jepang. Biasanya ketika dahulu sebuah boneka tradisional akan dipajang di rumah atau digunakan untuk sebuah ritual. Misalnya, diyakini bahwa nasib buruk bisa ditransfer dari anak-anak ke boneka dan kemudian dibuang ke laut atau menyusuri sungai seperti didalam festival Hinamatsuri atau dahulu disebut Hina Nagashi. Boneka tradisional Jepang hadir dalam beberapa variasi dan berkisar dari kerajinan halus sampai boneka kertas yang dibuat oleh anak-anak.

 

Kimekomi

11 Boneka Tradisional JepangMetode tradisional untuk pembuatan boneka dimulai dengan dasar kayu. Banyak boneka dengan kualitas terbaik yang dibuat di Jepang saat ini adalah Kimekomi Dolls. Mereka juga tersedia sebagai perlengkapan untuk penggemar dimana anda bisa merancang pakaian yang mereka kenakan sendiri.

 

Daruma

11 Boneka Tradisional JepangDaruma adalah representasi stylize dari seorang biarawan ke-6 yang dikenal sebagai Bodhidharma yang merupakan orang yang menarik yang dikreditkan dengan mengenalkan seni bela diri dari Kuil Shaolin di China. Boneka Daruma dianggap beruntung dan terkadang dijual tanpa pupil di mata mereka. Adalah kebiasaan untuk mengisi satu pupil dengan spidol saat Anda menetapkan sasaran dan mengisi yang kedua saat Anda mencapainya. Setelah itu, Daruma biasanya dibakar dalam upacara khusus.

 

Hina Ningyo

10 Boneka Tradisional Jepang Yang Bisa Jadi KoleksiHina Ningyo adalah jenis boneka yang dipajang di rumah keluarga pada hari-hari menjelang Girl’s Day di Jepang. Mereka dijual di set yang mewakili istana kekaisaran termasuk Kaisar dan Permaisuri. Mereka ditampilkan di platform sesuai status mereka. Beberapa set sangat rumit dan memiliki hingga 7 level.

 

Karakuri Ningyo

11 Boneka Tradisional JepangKarakuri adalah boneka otomatis atau setengah robot yang pada dasarnya adalah robot era Edo. Model yang berbeda bisa menyajikan teh, menembak panah atau melakukan tarian.

 

Okiagari Oboshi

11 Boneka Tradisional JepangMainan roly-poly tradisional Jepang yang berasal dari abad ke-14. Okiagari Koboshi bisa diterjemahkan “pendeta yang bangkit kembali”. Mereka dianggap sebagai simbol keberuntungan yang langgeng.

 

Hakata

11 Boneka Tradisional JepangHakata Dolls adalah kerajinan tradisional Fukuoka yang berkisar dari kerajinan halus hingga pernak-pernik yang dijual di toko-toko turis. Mereka adalah jenis porselen bisque yang dipecat tapi tidak dikilapkan. Banyak yang dibawa kembali ke Amerika Serikat oleh petugas servis Amerika setelah Perang Dunia II.

 

Bunraku

11 Boneka Tradisional JepangBunraku sebuah boneka yang digunakan untuk pertunjukan-pertunjukan teater seni tradisional Jepang yang menampilkan boneka yang sangat hidup dan rumit. Beberapa boneka bunraku memiliki kemampuan untuk mengekspresikan berbagai emosi atau berubah menjadi hantu atau setan di depan mata penonton. Setiap boneka membutuhkan tiga dalang terampil untuk beroperasi.

 

Ichimatsu

11 Boneka Tradisional JepangIchimatsu Dolls dinamai aktor kabuki abad 18 yang populer dan awalnya mewakili dia. Pada titik tertentu istilah itu mulai diterapkan pada tipe boneka boneka yang tampak realistis untuk anak-anak atau bayi. Mereka biasanya memiliki kaca mata dan ekspresi serius di wajah mereka.

 

Iki Ningyo

10 Boneka Tradisional Jepang Yang Bisa Jadi KoleksiIki Ningyo memiliki arti yaitu “boneka hidup”, boneka ini memang terlihat sangat nyata dan mirip asli ditambah dengan ukurannya yang besar seperti manusia. Di era Edo mereka digunakan oleh berbagai artis traveling. Mereka sangat mengejutkan orang pada saat pemerintah melewati undang-undang yang membatasi ukuran boneka.

 

Kokeshi

10 Boneka Tradisional Jepang Yang Bisa Jadi KoleksiKokeshi adalah boneka kayu sederhana tanpa lengan atau kaki yang telah dibuat lebih dari 150 tahun sebagai mainan untuk anak-anak. Mereka terkait dengan Tohoku, wilayah utara pulau utama Jepang, dan merupakan suvenir yang populer di daerah ini.

Itulah ke 10 Boneka tradisional Jepang yang mungkin bisa menjadi salah satu bagian dari koleksi anda para pembaca Artforia terutama para pemiliki hobi mengoleksi.